HobbyLife Style

Perpustakaan Keliling Meriahkan HUT ke-11 Kelurahan Sungai Lumpur

Meningkatkan Minat Baca Masyarakat

Life Style
Perpustakaan keliling di halaman kantor kelurahan Sungai Lumpur, Kabupaten Lingga untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Foto Arifandy

Lingga, mejaredaksi – Dalam rangka merayakan hari Ulang Tahun (HUT) ke-11 Kelurahan Sungai Lumpur, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Lingga menggelar perpustakaan keliling.

Perpustakaan kelililing digelar di halaman kantor kelurahan, di tengah kegiatan senam sehat, Sabtu (2/12/2023).

Kadis Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Lingga, Said Rudifallo, menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat sekaligus mensosialisasikan perpustakaan di tingkat kelurahan.

“Pada momen spesial HUT kelurahan, kami memanfaatkan kegiatan ini untuk lebih mendekatkan perpustakaan kepada masyarakat. Perpustakaan keliling adalah ujung tombak dalam menyosialisasikan kegiatan minat baca dan literasi di Kabupaten Lingga,” ujar Said Rudifallo.

Dalam kegiatan tersebut, Dinas Perpustakaan dan Arsip memberikan door prize berupa buku kepada pembaca yang hadir.

Rudifallo berharap bahwa dengan perpustakaan keliling ini, masyarakat tidak hanya di Kelurahan Sungai Lumpur, tetapi juga di seluruh Kabupaten Lingga dapat lebih mengenal dan memanfaatkan fasilitas perpustakaan.

“Pelayanan perpustakaan keliling ini sekaligus menjadi persiapan menyongsong pembangunan gedung perpustakaan umum daerah pada tahun 2025 mendatang. Kami ingin agar masyarakat memiliki kesadaran dan minat baca yang lebih baik,” tambah Rudifallo.

Terkait minat baca masyarakat, Rudifallo mengakui bahwa masih perlu upaya sosialisasi lebih lanjut.

“Tugas kami adalah menarik minat baca tidak hanya di kalangan sekolah, tetapi juga di seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Lingga. Pustaka daerah ini milik kita semua,” paparnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Lingga, Said Rudifallo. Foto: Arifandy

Perpustakaan keliling, sebagai bagian dari perpustakaan umum, tidak hanya berfungsi sebagai bentuk promosi, tetapi juga membantu mengembangkan pendidikan nonformal, memperkenalkan buku kepada masyarakat, meningkatkan kunjungan masyarakat, serta meningkatkan minat dan cinta akan membaca.

Layanan ini dilakukan setiap tahun dengan kerjasama perpustakaan kelurahan, desa, dan sekolah. Untuk peningkatan literasi, perpustakaan juga menginisiasi pengiriman surat kepada pihak terkait. Bagi yang berminat bekerjasama, dapat menghubungi narahubung yang tertera dalam surat tersebut.

Penulis: Arifandy
Editor: Panca
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close