Hukrim

Bea Cukai Tanjungpinang Musnahkan Barang Tegahan 2020 : Rokok, Sepeda, Mikol, dan Kotak HP Kosong

Petugas BC Tanjungpinang saat melakukan pemusnahan, f : ist

Tanjungpinang, MR – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Tanjungpinang melakukan pemusnahan, terhadap barang hasil tangkapan sepanjang Tahun 2020, dengan nilai sekitar Rp 3,1 Miiliar dan potensi kerugian negara Rp 2,1 Miliar.

Dalam hal ini, Bea Cukai Tanjungpinang juga melakukan pemusnahan terhadap kotak Hendphon merek Ipone yang kosong, tanpa terdapat satu unitpun Iphone yang dimusnahkan.

Pemusnahana yang dilakukan pada Rabu (3/3/2021) itu, Bea Cukai Tanjungpinang memusnahkan 3.171.793 batang rokok, 10.302 botol mikol dan 19 unit alat elektronik, sepeda dan barang lainnya.

Pantauan Detak.media, Bea Cukai Tanjungpinang hanya melakukan pemusnahan terhadap Henphon merek Samsung, dengan cara di potong. Selain itu, terlihat kotak Iphone tersebut hanya berisikian alat pengisian batrai dan Hendset.

Kepala Seksi Penyuluhan Layanan Informasi Bea Cukai Tanjungpinang, Oka Ahmad Setiawan menyebut bahwa kotak yang disita dan dimusnahkan itu merupakan modus, yang dilakukan pelaku pelanggar

“Itu modus, mereka bawa box terpisah dengan hpnya, karena kalau dibawa dalam satu box itu sangat terlihat itu adalah hendpon baru,” ujar Oka saat dikonfirmaai.

Dirinya juga masih menegaskan, bahwa Hendpon merek Iphone tersebut sudah dimusnahkan. Padahal hendpon yang sudah dimusnahkan tersebut bermerek samsung.

“Sebelumnya pemusnahan di Ganet banyak Iphone, mungkin kotaknya ketinggalan. Atau pelaku membawa terpisah. Tadi memang ada yang dipotong, tapi engga tau merek apa, karena dari jauh liatnya,” kata dia.

Oka mengakui, bahwa dirinya juga tidak mengetahui secara persis berapa kotak Iphone kosong yang dimusnahkan. Yang jelas, sambung dia hal itu merupakan modus dari pelaku yang ingin mengelabui petugas, dan sering dilakukan.

“Kurang tau banyaknya, tapi sepanjang 2020 kami melaksanakan 324 penindakan. Pelakunya juga tidak semua ditahan,” tukasnya.(red)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close