Peristiwa

Kemenag Tanjungpinang Sebut Ada 234 Jemaah Haji Yang Gagal Berangkat

Dokumentasi Jamaah Haji Kota Tanjungpinang.

Tanjungpinang, MR – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tanjungpinang, menyebutkan ada 234 calon jemaah haji setempat gagal berangkat Tahun 2021 ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Kemenag Tanjungpinang, Zahid menyampaikan ratusan orang tersebut merupakan calon jemaah haji yang gagal berangkat Tahun 2020 yang lalu.

Namun, kata dia ratusan orang tersebut terpaksa kembali gagal menjalani perjalanan haji, yang direncanakan Tahun 2021 ini. Sebab, Pemerintah pusat telah mengeluarkan kebijakan melalui Keputusan Menag No 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Tahun 2021.

“Sisa sekarang ada 234 yang batal berangkat tahun ini. Dikarenakan adanya keputusan Menteri Agama soal pembatalan berangkat haji Tahun 2021,” ujar Zahid saat dihubungi, Sabtu (5/6/2021).

Dirinya menjelaskan, awalnya ada 249 calon jemaah Tahun 2020 dan sudah lunas membayar, yang direncanakan berangkat tahun ini. Namun, lantaran Pemerintah mengeluarkan kebijakan pembatalan haji, sejumlah orang lebih memilh mengambil uangnya kembali.

Zahid merinci, ada 8 dari 249 orang yang mengambil Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Kemudian, yang mengambil karena wafat atau meninggal sebanyak 2 orang.

“Sebenarnya Tahun 2020, ada 249 orang. Ada yang ambil kearena meninggal dan lain-lain. Mutasi keluar 7 orang, mutasi masuk 2 orang, pengembalian BPIH Lunas 8 orang, wafat batal lunas 2 orang. Jadi sisa 234 orang,” ungkapnya.

Untuk saat ini, kata Zahid biaya haji sebesar Rp 25 juta per orang. Untuk 234 orang yang tidak mengambil biaya haji, uang tersebut disimpan di Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

“Sekarang yang tersebut tidak dipegeng Kemenag lagi. Jadi uang tersebut disimpan di BPKH,” tukasnya.(red)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close