FeatureKepriPemerintahan

Sembuh Dari Covid-19, Gubernur Serukan Vaksin Meningkatkan Imunitas Tubuh

pemprov
Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad saat meninjau vaksinasi anak usia 12-17 tahun di Kota Batam, Provinsi Kepri.

Tanjungpinang, MR – Setelah dinyatakam pulih dari Covid-19 oleh dokter, Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad langsung memulai aktivitas kerja, setelah menjalani Isolasi Mandiri (Isoman) selama 14 hari.

Orang nomor satu di Kepri tersebut, telah dinyatakan sehat dan sudah negative Covid-19 setelah menjalani tes PCR yang ke-2, dan hasilnya keluar pada Kamis (22/7/2021).

Dari pengalamannya tersebut, Ansar dengan tegas mengatakan bahwa vaksin bukanlah untuk menghapus virus Covid-19 di muka bumi. Namun untuk meningkatkan imunitas tubuh setiap individu agar jika terpapar virus corona tidak mengalami gejala yang menbahayakan.

“Vaksin ini bukan segala-galanya. Bukan untuk membunuh virus corona, tapi untuk membentuk kekebalan tubuh. Saya sudah di vaksin, saya terpapar tapi saya sembuh,” kata Gubernur.

Ansar melanjutkan penjelasannya, bahwa dari 200 kasus orang yang terpapar Covid-19, sebanyak 199 orang dinyatakan berhasil sembuh tanpa mengalami gejala yang parah. Dan yang sembuh tersebut adalah orang-orang yang sudah mendapatkan vaksin.

“Artinya 99 persen orang yang meninggal karena Covid-19, ternyata mereka belum di vaksin,” ungkap Ansar saat meninjau pelaksanaan vaksinasi anak usia SLTA dan SLTP se-Kota Batam.

Untuk itu, Gubernur mengajak seluruh masyarakat Kepri agar sadar vaksin. Dan menghimbau agar masyarakat yang belum menerima vaksin, segera mendatangi tempat-tempat penyelenggaraan vaksin terdekat.

“Vaksin ini penting. Inilah cara membentuk imun secara kolektife. Sekali lagi saya katakan, kita tidak membunuh virus corona dengan vaksin, tapi menjinakkannya,” terang Ansar.

Gubernur juga berterimakasih kepada seluruh  masyarakat yang sudah melakukan vaksin serta kepada seluruh stakeholder yang sudah dengan gigih, bahu-membahu mengkampanyekan vaksin. Sehingga Kepri dinilai berhasil dalam penyelenggaraan vaksinasi secara nasional.

“Setelah Bali dan DKI Jakarta, Kepri berada di posisi terbaik ketiga. Bahkan kita terbaik diluar Jawa dan Bali,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri, M Bisri mengatakan saat ini tren kesembuhan pasien Covid-19 terus menunjukkan peningkatan yang baik. Selain itu, antusias masyarakat di Kepri untuk divaksin juga meningkatkan.

“Kasus kesembuhan di Kepri dalam empat hari terakhir, rata-rata di atas 500 orang atau mencapai diatas 80 persen, yang tersebar di seluruh kabupaten/kota,” ujar Bisri.

Ia merincikan, pada 20 Juli 2021, pasien sembuh bertambah 574 orang atau 79,43%, Pada 21 Juli 2021, pasien sumbuh bertambah 887 orang atau 80,66%, selanjutkan pada 22 Juli 2021, pasien sumbuh bertambah 591 orang atau 80,75% dan kemudian pada 23 Juli 2021, pasien sembuh bertambah 695 orang atau 80,64%.

Sedangkan untuk capaian vaksinasi, kata Bisri dari data terakhir yakni pada 23 Juli 2021 total capaian vaksinasi Covid-19 Usia diatas 18 tahun sebanyak 881.899 orang atau 64,21% dengan sisa target 70% sampai dengan tanggal 30 Juli 2021 yakni 79.461 orang. Sedangkan untuk total capaian vaksinasi Covid-19 Usia 12-17 tahun sebanyak 68.802 orang orang 33,13% dengan sisa target sampai dengan tanggal 23 Juli 2021 yakni 138.861 orang.

Dengan demikian, pihaknya akan terus melakukan berbagai upaya untuk menekan penyebaran Covid-19 di Kepri. Selain terus menggesa vaksinasi, juga melakukan kampanye Protokol Kesehatan (Prokes) bagi masyarakat, juga dilakukan upaya 3T atau tindakan melakukan tes COVID-19 (testing), penelusuran kontak erat (tracing), dan tindak lanjut berupa perawatan pada pasien yang terpapar COVID-19 (treatment).

Masyarakat harus menyadari bahwa virus COVID-19 ini nyata adanya. Dengan menjalankan protokol kesehatan 3M dengan disiplin akan efektif mencegah penularan virus Covid-19. “Wajib mencegah dan melindungi diri dari penyakit. Karena yang namanya mencegah jauh lebih mudah, lebih murah, lebih berfaedah daripada mengobati,” tutupnya. Bar

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Close