Galery

Melalui STQH IX Provinsi Kepri, Siarkan Nilai-nilai Al-Quran

Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Wagub Marlin Agustina serta Pimpinan Forkopimda foto bersama

Narasi : Redaksi
Foto : Humas Pemprov Kepri

Tanjungpinang, MR – Dalam perhelatan akbar STQH IX Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2021, Gubernur Kepri Ansar Ahmad menyampaikan di tengah kondisi pandemi seperti ini tujuan utama STQH ini adalah sebagai silaturahmi dan persaudaraan.

“Jangan melihat STQH ini sebagai ajang kompetisi semata, tetapi lebih dari itu dengan semangat keperdulian dan saling mengasihi kita harus bersama-sama bersatu di kondisi seperti ini tanpa memandang latar belakang yang berbeda,” ungkap Ansar.

Ansar juga berharap dengan terselenggaranya STQH ini semakin meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan bagi semua masyarakat umat Islam dan mensyiarkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an.

Usai pelaksanaan STQH ini Gubernur Ansar menginginkan adanya pembinaan yang baik kepada bakat-bakat potensial di Provinsi Kepulauan Riau. Sehingga tidak hanya mampu mengharumkan nama Kepri di tingkat nasional tetapi sampai dengan tingkat internasional.

“Dengan demikian arti STQH ini akan menjadi suatu wadah dalam jalan beragama yang lebih humanis dan terbuka bagi Kepulauan Riau,” ujarnya.

Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad secara resmi membuka perhelatan STQH IX Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2021. Pembukaan itu ditandai dengan pukulan beduk oleh Gubernur Ansar di Aula Wan Seri Beni, Tanjungpinang, Selasa (27/7/2021).

Adapun tema yang diambil untuk STQH IX Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2021 ini adalah “Melalui STQH IX Kita Tingkatkan Pemahaman dan Pengalaman Nilai-nilai Al-Qur’an Untuk Mewujudkan Generasi Qur’ani yang Unggul Menuju Kepri Yang Maju.”

STQH ini dilakukan dengan hybrid baik secara langsung maupun virtual. Juga para undangan yang hadir secara langsung sangat terbatas dan wajib melakukan antigen sehari sebelumnya.

Perhelatan tersebut digelar selama lima hari, pada Sabtu (31/7/2021), Wakil Gubernur (Wagub) Kepri, Marlin Agustina secara resmi menutup perhelatan STQH IX Provinsi Kepri, dengan dibunyikannya sirine.

Dikesempatan ini, Marlin mengatakan tujuan dilaksanakannya STQH ini adalah untuk memantapkan nilai agama di tengah masyarakat dan mengembangkan pendidikan Al-Quran di masyarakat. Sehingga suskesnya STQH IX ini berdampak pada pembentukan mental dan karakter nilai-nilai Al-Quran.

“Nilai-nilai tersebut diharapkan mampu menjadi sumber inspirasi dalam menyelesaikan berbagai masalah, dari lingkup individu, masyarakat, hingga kehidupan sehari-hari,” kata Marlin.

Usai STQH IX ini, Wagub Marlin yang juga menjabat sebagai ketua umum LPTQ Kepri mengatakan akan terus meningkatkan serta berupaya melakukan pembinaan dan pelatihan yang berkesinambungan kepada masyarakat, khususnya generasi muda.

“Agar mereka (generasi muda) gemar untuk mempelajari, mendalami, menghayati, dan lebih mencintai Al-Qur’an,” lanjut Marlin.

Pada STQH IX kali ini, Kota Batam dinyatakan sebagai juara umum dengan total nilai 72. Sementara peringkat kedua diraih Kabupaten Karimun. Dan peringkat tiga diraih Kabupaten Bintan dan Lingga secara bersamaan.

Adapun peserta yang berhasil meraih juara dalam STQH IX ini dari cabang Tilawah Al-Quran golongan dewasa putra diraih oleh Amirullah Saputra dari Kabupaten Karimun, peringkat kedua diraih Muhammad Irfan dari Kota Batam, dan peringkat ketiga diraih Egi Riyanto dari Kota Tanjungpinang.

Sementara cabang Tilawah Al-Quran golongan dewasa putri diraih oleh Zulaikha dari Kota Batam, peringkat kedua diraih oleh Lisa Fitria dari Kabupaten Karimun, dan peringkat ketiga diraih Siska Wulandari dari Kabupaten Lingga.

Nantinya peserta yang meraih juara akan dibimbing lagi oleh LPTQ. Untuk nantinya dipilih lagi yang terbaik untuk mewakili provinsi Kepri di STQH Nasional di Maluku Utara pada Oktober mendatang.

Turut hadir dalam acara tersebut Asintel Kogabwilhan I Laksamana Pertama TNI Bambang Wahyudi, Kasilog Kasrem 033/WP Letkol Czi Endro Pranoto, Kadispotmar Lantamal IV Letkol Laut Bambang S, Kadislog Danlanud Mayor Nuryadin, Korwil Binda Kepri Suko Suharnata, sementara yang hadir secara virtual Wakil Ketua I DPRD Kepri Hj.Dewi Kumalasari, dan seluruh majelis dewan hakim STQH.***

 

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close