KepriPemerintahan

Jelang Penerapan PTM, Guru Wajib Lakukan Tes Antigen

pemprov
Ilustrasi. (Foto/Dok Meja Redaksi)

Tanjungpinang, MR – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) melalui Dinas Pendidikan (Disdik) berencana membuka sekolah Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas, pada 1 Oktober 2021 mendatang.

Sebelum digelarnya proses pemblajaran tatam muka, Satgas Penanganan Covid-19 Kepri memberikan kebijakan untuk para guru SMA sederajat melakukan tes antigen.

Gubernur Kepri Ansar Ahmad, menyampaikan sebelum dilaksanakannya PTM kepada seluruh guru dilakukan tes antigen. Hal tersebut dilakukan guna memastikan pelaksanaan PTM di Kepri benar-benar aman.

“Kita dorong semua guru baik SMA/SMK dan tingkat SMP untuk divaksin. Serta kita akan lakukan tracing sebelum hari pelaksanaan PTM, dengan melakukan tes antigen kepada seluruh pihak sekolah,” ungkap Ansar, kemarin.

Sementara itu, Kepala Disdik Provinsi Kepri, Muhammad Dali juga menyampaikan akan digelarnya PTM terbatas ini seluruh guru wajib mengikuti ketentuan tersebut, dan konsisten mengawasi para siswa agar menerapkan protokol kesehatan saat belajar.

“Jadi para guru cukup sekali saja tes antigen, sebelum PTM. Namun bisa di tes antigen lagi, apabila dalam kondisi tertentu,” jelas Dali.

Ia mengemukakan Disdik Kepri tidak mengintervensi berapa jumlah siswa di dalam kelas. Jumlah siswa di dalam satu kelas, menurut dia bervariasi, disesuaikan dengan kondisi kelas.

“Seperti ukuran kelas dan perlengkapan sekolah menjadi tolak ukur pihak sekolah dalam mengambil kebijakan itu. Terpenting tidak lebih 50 persen dari kapasitas kelas,” jelasnya.

Ia mengimbau para siswa yang mengikuti PTM terbatas untuk melaksanakan protokol kesehatan, untuk menaati protokol kesehatan, menggunakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak.

“Kalau guru dan siswa yang sakit atau memiliki gejala mirip dengan penderita Covid-19, seharusnya berobat, dan tidak ke sekolah,” pungkasnya. Bar

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close