KepriPemerintahanPolitik

Sambut Tahapan Pemilu 2024, Bawaslu dan KPU Kepri Gelar Apel Siaga Kesiapan Penyelenggara

Kepri Prov
Pelepasan balon ke udara tanda dimulai tahapan Pemilu 2024 pada apel siaga dalam rangka Kesiapan Penyelenggara Pemilu Serentak 2024, di Halaman Kantor Bawaslu Provinsi Kepri, Kota Tanjungpinang.

Tanjungpinang, MR – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau, melaksanakan apel siaga dalam rangka Kesiapan Penyelenggara Pemilu Serentak 2024, di Halaman Kantor Bawaslu Provinsi Kepri, Kota Tanjungpinang, Rabu (6/7/2022).

Kegiatan ini untuk mengawali pelaksanaan pengawasan tahapan Pemilu 2024 di Provinsi Kepri yang ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Ketua Bawaslu Kepri, Said Abdullah Dahlawi dan Ketua KPU Kepri, Sriwati dan didampingi pihak-pihak terkait.

Usai apel, Said Abdullah menyampaikan apel siaga ini merupakan tanda kesiapan Bawaslu Kepri untuk mengawasi seluruh tahapan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 sebagaimana di amanatkan dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum.

“Sekaligus bertujuan membangun sinergitas, dengan semua stakeholder terkait, salah satunya hari ini bersama KPU Kepri. Sebagai bentuk kesiapan kita, tekad kesiapan kita, untuk melaksanakan Pemilu dan Pilkada 2024 nanti,” ujar Said.

Maksud sinergitas tersebut, jelas Said, dalam mengawasi tahapan Pemilu dan Pilkada, agar sesuai dengan ketentuan dan aturan yang ada. Salah satu fungsinya untuk pencegahan dalam pelanggaran-pelanggaran Pemilu.

“Semua tahapan tentu akan ada potensi permasalahan, termasuk salah satunya terkait SDM mengingat pelaksanaan Pemilu disejalankan dengan Pilkada. Dengan ini akan menguras SDM yang ada. Sehingga kita melakukan pemetaan prioritas pengawasan yang akan dilakukan nantinya,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Ketua KPU Kepri, Sriwati juga menyampaikan karena telah dimulainya beberapa tahapan yang sebentar lagi dijalankan, yang pertama pendaftaran dan verifikasi peserta Pemilu. Dengan digelarnya apel ini juga langkah koordinasi sesama lembaga penyelenggara.

“Diharapkan segala permasalahan apapun pada pelaksanaan tahapan Pemilu dapat di selesaikan dengan baik. Segala sesuatu itu dapat diselesaikan tidak harus di ranah sidang, tetapi dengan komunikasi dan koordinasi yang intens antara lembaga ini dapat terselesaikan dengan baik,” ujarnya.

“Harapan kita bersama mewujudkan Pemilu yang berkualitas, bermartabat, dan berintegritas di Provinsi Kepri,” ujarnya kembali.

Sementara itu, Anggota KPU Provinsi Kepri, Priyo Handoko mengatakan selain tahapan pelaksanaan Pemilu 2024, Priyo juga menyampaikan untuk Pilkada serentak 2024 telah disepakati untuk hari pemungutan suara dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang.

“Berkaca dari Pilkada 2020 lalu, terhitung 12 bulan atau setahun sebelumnya. Artinya untuk Pilkada ini pada pada November 2023 mendatang sudah harus melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) bersama Pemprov Kepri,” pungkasnya. (Bar)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close