Peristiwa

Potensi Bencana Alam di Tanjungpinang, Ini Beberapa Titik Rawannya

Banjir rob di pemukiman kawasan pesisir Tanjungpinang, beberapa waktu lalu. Foto: Syaiful

Tanjungpinang, mejaredaksi – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanjungpinang memperingatkan adanya potensi bencana alam di beberapa titik rawan di wilayah Tanjungpinang, Kepulauan Riau tersebut.

BPBD mencatat ancaman bencana yang meliputi banjir akibat air laut (Rob), banjir akibat hujan, dan tanah longsor, tersebar di kawasan pesisir dan perbukitan.

Kepala Pelaksanaan BPBD Tanjungpinang, Muhammad Yamin, menjelaskan bahwa bencana tanah longsor berpotensi terjadi di kawasan perumahan yang berada di perbukitan, seperti Kelurahan Bukit Cermin dan Kecamatan Tanjungpinang Timur.

“Ini mungkin terjadi karena batu miring yang keropos saat dilanda hujan deras,” ungkap Yamin.

Selain itu, potensi banjir rob juga mengancam kawasan pesisir Tanjungpinang, termasuk wilayah Senggarang, Kampung Bugis, Tanjung Unggat, hingga Teluk Keriting.

Banjir akibat hujan deras sering terjadi di kawasan perumahan dan jalan di Kecamatan Tanjungpinang Timur.

“Pohon tumbang juga kerap terjadi saat angin kencang, terutama di Jalan Batu Hitam. Untuk itu, kita rutin melaksanakan pemotongan pohon di pinggir jalan,” tambahnya.

BPBD Tanjungpinang secara rutin melakukan pemantauan terhadap titik-titik rawan bencana tersebut dan bekerjasama dengan BMKG setempat untuk memantau cuaca ekstrem yang dapat memicu bencana alam.

“Titik-titik itu kerap kita pantau,” pungkasnya.

Penulis: Ismail

Editor: Syaiful

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close