KepriPemerintahan

Prakiraan Cuaca BMKG: Empat Wilayah di Kepri Berpotensi Banjir Rob Hingga 29 Januari 2023

Kepri Prov
Sejumlah anak-anak dan warga Pamak Laut asik bermain dan berenang, ketika terjadi air pasang laut atau banjir rob hingga ke pemukiman warga dengan ketinggian air mencapai paha orang dewasa. (Foto: Putra)

Tanjungpinang, MR – Prakiraan cuaca di empat wilayah Provininsi Kepulauan Riau (Kepri) berpotensi berpotensi mengalami banjir rob atau peningkatan ketinggian pasang air laut maksimun, hingga 29 Januari 2023.

Berdasarkan siaran pers Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang mengeluarkan peringatan dini diminta untuk waspada terjadinya banjir rob di empat wilayah pesiri Kepri.

Empat wilayah pesisir Provinsi Kepri yang diprakirakan terdampak banjir rob, yaitu:

1. Pesisir Kepri (pesisir Karimun), 17 – 29 Januari 2023
2. Pesisir Kepri (pesisir Dabo – Lingga) 18 – 28 Januari 2023
3. Pesisir Kepri (pesisir Batu Ampar – Batam) 19 – 29 Januari 2023
4. Pesisir Kepri (pesisir Tanjung Uban – Bintan) 21 – 26 Januari 2023

Menurut Prakirawan BMKG, berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob). Karena adanya fenomena Super New Moon atau fase Bulan Baru yang bersamaan dengan Perigee (Jarak terdekat bulan ke bumi) pada tanggal 21 Januari 2023.

“Sehingga berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum. Selain itu, potensi banjir rob ini berbeda waktu (hari dan jam) di tiap wilayah,” kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo, yang tertulisa dalam siaran pers BMKG.

Sementara itu, BMKG juga mengeluarkan himbauan untuk selalu waspada dan siaga dalam mengantisipasi dampak dari banjir rob tersebut.

Secara umum akibat dampak banjir rob ini, pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir,seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat. (Ico)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close