Hukrim

Kejati Kepri Selidiki Kasus Dugaan Korupsi Pembangunan Studio TVRI Tanjungpinang

Kasi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi Kepri, Denny Anteng Prakoso, sumber foto: Penkum Kejati Kepri

Tanjungpinang, mejaredaksi – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepri tengah mengusut dan mendalami kasus dugaan tindak pidana korupsi pembangunan gedung studio LPP TVRI tahun anggaran 2022.

Gedung LPP TVRI yang terletak di kawasan Dompak, Kota Tanjungpinang itu dibangun dengan pagu anggaran senilai Rp.10 Miliar.

Kasi Penerangan Hukum Kejati Kepri, Denny Anteng Prakoso membenarkan hal tersebut. Penyelidikan dugaan korupsi itu berawal dari adanya laporan dari masyarakat.

Dari situ, Tim Intelijen langsung melakukan tinjauan ke lapangan, untuk melakukan klarifikasi kepada pihak-pihak yang berkaitan dengan pembangunan ini.

“Dan mengumpulkan data dan dokumen terhadap pelaksanaan pembangunan gedung Studio LPP TVRI Tahun 2022 tersebut,” kata Denny, Selasa (2/4).

Setelah mengumpulkan data sampai dokumen, laporan itu dilimpahkan dari Bidang Intelijen ke Bidang Tindak Pidana Khsus (Pidsus) Kejati Kepri.

Dalam proses penyelidikan yang berlangsung sejak 7 Febuari lalu, penyidik telah melakukan serangkaian untuk mencari dan menemukan suatu peristiwa pidana.

Penyidik juga telah melakukan pemeriksaan terhadap pihak-pihak terkait, mengumpulkan data dokumen dan tinjauan lapangan bersama Tim Ahli.

“Tim Penyelidik melakukan ekspos dengan hasil kesimpulan pada tahap penyelidikan yaitu telah diperoleh kesesuaian fakta hukum adanya dugaan terjadinya peristiwa tindak pidana korupsi,” tambahnya.

Perbuatan korupsi itu, kata Denny melanggar Pasal 2 ayat (1) dan Pasal 3 Jo Pasal 18 UU RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

“Tim penyidik Pidsus Kejati Kepri terus mendalami untuk mengusut hingga tuntas perkara tersebut dan diharapkan seluruh lapisan masyarakat tetap mengawasi,” pungkasnya.

Berdasarkan data LPSE.com, pemenang lelang tender pembangunan gedung LPP TVRI Kepulauan Riau di Tanjungpinang itu dimenangkan oleh PT. Tamba Ria Jaya.

Dengan harga penawaran senilai Rp.9.660.769.120, dari nilai pagu sebesar Rp.9.861.660.000.

Penulis: Ismail
Editor: Syaiful

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close