Wisata

Nirwana Gardens Laksanakan Proyek Pembangunan Terumbu Karang

Dukung Pariwisata Berkelanjutan

Rak besi dibangun Nirwana Gardens. Rak yang berfungsi sebagai landasan yang kokoh untuk terumbu karang bertumbuh. (Foto: Nirwana Gardens)

Bintan, Mejaredaksi – Nirwana Gardens, sebuah hotel sekaligus resort yang berada dalam kawasan wisata terpadu Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau memulai pengerjaan proyek pembangunan terumbu karang.

Proyek ini, sebagaimana dijelaskan Manajer Komunikasi dan Pemasaran Nirwana Gardens, Laurette Lim, sebagai terobosan untuk meningkatkan keanekaragaman hayati laut sekaligus mendukung pariwisata berkelanjutan.

Ini juga dia sebut sebagai upaya dalam mempromosikan konservasi laut dan Eko pariwisata.

“Inisiatif ini menciptakan terumbu karang buatan di perairan murni di sekitar Teluk Lagoi, sebuah langkah maju membina ekosistem laut yang lebih sehat dan keseimbangan antara pariwisata dan alam,” terang Laurette dalam keterangan pers, Rabu (19/6/2024).

Proyek Pembangunan Terumbu Karang ini dikatakan Laurette mewakili komitmen Nirwana Gardens terhadap lingkungan pengelolaan dan praktik pariwisata yang bertanggungjawab.

Dalam proyek ini, Nirwana Gardens membangun enam terumbu karang buatan dengan menggunakan rak besi sebagai landasan yang kokoh bagi pertumbuhan struktur karang alami.

Terumbu karang ini tidak hanya menyediakan habitat bagi beragam kehidupan laut, tetapi juga berfungsi sebagai pendidikan dan media penelitian bagi para ilmuwan dan wisatawan.

“Saat ini, karang Acropora telah dibangun pada kerangka tersebut dengan tujuan memberikan landasan bagi perkembangan dan pertumbuhan karang,” pungkasnya.

Di rak ini, karang hidup berkoloni dan berkembang dalam bentuk payung serta berfungsi sebagai tempat perlindungan ideal bagi banyak invertebrata dan ikan.

Staf Nirwana Gardens menyelam ke laut setiap hari untuk memantau kondisi karang tersebut, dan selama musim hujan.

Keenam rak tempat terumbu karang bertumbuh ditempatkan di area dalam untuk mencegah kerusakan.

“Proyek ini merupakan perwujudan dedikasi kami untuk melestarikan keindahan alam pantai kami, sekaligus menawarkan kesempatan unik kepada para tamu untuk terlibat langsung dalam upaya konservasi laut,” papar Laurette lagi.

Nirwana Gardens dia sebut meyakini pentingnya melindungi laut dan bangga mengambil langkah proaktif menuju keberlanjutan.

Informasi lebih lanjut tentang Proyek Pembangunan Terumbu Karang Nirwana Gardens dan inisiatif keberlanjutannya dapat diperoleh di www.nirwanagardens.com atau menghubungi Pusat Informasi Tamu di [email protected]. (*)

Penulis/Editor: Andri

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close