Nasional

BPIP Pastikan Kesiapan Paskibraka yang Bertugas saat Upacara HUT Kemerdekaan ke79 RI di IKN

BPIP memastikan kesiapan Paskibraka yang akan bertugas saat upacara Hut RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (Setkab.go.id)

Jakarta, mejaredaksi – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) tengah menyiapkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang akan bertugas saat Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Rekrutmen dan seleksi telah memasuki tahap verifikasi tingkat pusat ya. Kemudian verifikasi calon Paskibraka tingkat pusat akan selesai besok pada tanggal 14 Juni,” kata Kepala BPIP Yudian Wahyudi dalam, Senin (10/06).

Bahkan,kata Yudian para putra-putri terbaik daerah tersebut akan mengikuti pemusatan dan pendidikan pelatihan calon Paskibraka tingkat pusat di Jakarta pada tanggal 12 Juli 2024.

Ia mengungkapkan bahwa dalam pemusatan latihan tersebut para Paskibraka ini akan dibina oleh pelatih dari Kogartap I/Jakarta dan Kodam VI/Mulawarman.

“Jumlah paskibraka yang akan dikukuhkan adalah 76 orang, terdiri dari 38 putra dan 38 putri mewakili 38 provinsi,” tambahnya.

Selain itu, pihaknya juga akan membuat dan mendistribusikan duplikat bendera pusaka untuk istana kepresidenan, pemerintah daerah provinsi, serta pemerintah daerah kabupaten dan kota untuk dikibarkan pada Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI.

“Sesuai dengan amanat Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022 tentang Program Paskibraka, BPIP telah membuat memberikan bendera pusaka untuk didistribusikan ke istana, 38 provinsi, dan 514 kabupaten/kota untuk dikibarkan di Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia ke-79 di seluruh wilayah Indonesia,” ungkapnya.

Selain menyiapkan Paskibraka yang akan bertugas dalam Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Indonesia di Ibu Kota Nusantara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pihaknya juga memastikan kesiapan Paskibraka yang akan bertugas di Istana Merdeka, Jakarta dan di seluruh wilayah tanah air.

“Ada juga persiapannya karena ini skemanya ada dua kan, ada di Jakarta, ada yang di IKN, itu sudah siap sudah diperiksa, kami sudah siap ya, termasuk untuk yang di wilayah provinsi-provinsi se-Indonesia yang ditangani oleh masing-masing kepanitiaan berdasarkan wilayah masing-masing, ada yang di tingkat provinsi, kabupaten, kota,” tandasnya.

Sumber: setkab.go.id

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close