KepriPemerintahanPeristiwa

Cuaca Pada Perayaan Imlek 2023 di Kepri, Diprediksi Hujan Disertai Petir

Kepri Prov
Ilustrasi. BMKG memprakirakan wilayah Kepri secara umum pada perayaan tahun baru Imlek 2023 berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. (Foto: pixabay)

Tanjungpinang, MR – Prakiraan cuaca di wilayah Provininsi Kepulauan Riau (Kepri) pada perayaan tahun baru Imlek, Minggu (22/1/2023) berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Berdasarkan siaran pers Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang mengeluarkan peringatan dini diminta untuk waspada hujan sedang dan lebat yang disertai petir/kilat serta angin kencang.

Prakirawan BMKG tersebut, mengimbau kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Karimun, Lingga, Natuna dan Anambas yang diprediksi potensi hujan cenderung terdapat pada malam hingga dini hari.

Prakiraan cuaca besok, Minggu (21/1/2023) di Kota Batam akan mengalami potensi berawan pada dini hari dan hujan dengan intensitas ringan pada pagi, siang dan malam.

Sedangkan di Kabupaten Bintan dan Kota Tanjungpinang, akan mengalami potensi berawan pada malam dan dini hari kemudian hujan dengan intensitas ringan pada pagi dan siang.

Selain itu, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem waspada terhadap puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir, hujan es. Serta dampaknya seperti angin kencang, banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, dan jalan licin.

Hal tersebut berdasarkan prediksi kondisi global, regional, dan probabilistik model diprakirakan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Prediksi dan potensi hujan di Kepri terjadi hingga Senin 23 Januari 2023.

Terpantau dalam sepekan ke depan diprakirakan aliran massa udara dari Asia akan kembali meningkat sehingga potensi hujan akan kembali meningkat.

Hal tersebut diakibatkan, terdapat peningkatan intensitas hujan yang disebabkan oleh masuknya kembali aliran massa udara dingin dari Asia. Selain itu, diprediksi potensi hujan cenderung terdapat pada siang dan malam hari serta dapat berdurasi panjang. (Ico)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close