HukrimLingga

Imigrasi dan Timpora serta Berbagai Instansi Kolaborasi Awasi Orang Asing di Lingga

Sinergitas Imigrasi dan Timpora serta berbagai Instansi di Kabupaten Lingga. Foto: Arifandy

Lingga, mejaredaksi – Imigrasi Kelas II Non TPI Dabo Singkep bersama Timpora (Tim Pengawasan Orang Asing) mengadakan kegiatan sinergisitas dan kolaborasi dengan berbagai instansi di Kabupaten Lingga. Acara ini digelar di One Hotel, Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Kamis (16/5/2024).

Kepala Imigrasi Dabo Singkep, Yanto Ardianto, menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah untuk mendapatkan informasi terkait keberadaan orang asing di wilayah tersebut.

“Hari ini Timpora menggelar kegiatan sinergisitas dan kolaborasi. Seperti yang telah kita lakukan setiap tahun, kita bersinergi dengan Timpora untuk mendapatkan informasi tentang orang asing di wilayah kerja mereka,” ujar Yanto.

Selain mengumpulkan informasi, rapat koordinasi ini juga membahas berbagai pertanyaan mengenai aturan terkait keberadaan orang asing.

“Banyak pertanyaan, terutama dari Kementerian Agama mengenai orang asing yang berdakwah. Kami menyampaikan bahwa informasi tersebut sangat penting dan perlu koordinasi untuk menyampaikan aturan kepada pendakwah asing di Indonesia, khususnya Lingga,” jelas Yanto.

Terkait tenaga kerja asing, Yanto mengungkapkan bahwa hingga saat ini belum ada permasalahan terkait keberadaan mereka di Kabupaten Lingga.

“Alhamdulillah, di Kabupaten Lingga tidak ada masalah terkait tenaga kerja asing. Mereka selalu berkoordinasi dengan kami dan Dinas Ketenagakerjaan,” kata Yanto.

Selain itu, yanto juga mengatakan, pengusaha penginapan di Lingga juga selalu berkoordinasi dengan Imigrasi.

“Penginapan di Kabupaten Lingga sangat kooperatif dalam menyampaikan informasi terkait orang asing. Contohnya, saat ada pelatihan tentara Amerika, mereka menyampaikan data, paspor, dan informasi lainnya kepada kami,” ungkap Yanto.

Mengenai sanksi bagi yang tidak berkoordinasi, Yanto menyatakan bahwa hal tersebut belum ditemukan di Lingga.

“Ada, tetapi selama ini tidak ada yang bandel. Mereka selalu berkoordinasi dengan kami,” kata Yanto.

Menurutnya, sampai saat ini hubungan baik juga terjalin dengan instansi lain yang tergabung di Timpora.

“Hubungan kita sangat intens, terutama dengan Disnaker Lingga dan Dinas Pariwisata, terkait keberadaan orang asing di Kabupaten Lingga, khususnya Dabo Singkep,” jelas Yanto.

Yanto menambahkan, kebanyakan orang asing datang ke Lingga untuk berwisata, bekerja, atau kunjungan keluarga.

“Ada yang berwisata ke resort di Benan, bekerja di PT Tiansan Alumina Indonesia, atau kunjungan keluarga,” tambah Yanto.

Setelah rapat koordinasi, Timpora melanjutkan dengan sidak di beberapa tempat, khususnya penginapan di Kabupaten Lingga, namun belum ditemukan pelanggaran

Penulis: Arifandy

Editor: Panca

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close