Peristiwa

Komisi VII DPR RI bersama Kementerian ESDM Beri Bantuan PBL untuk 91 Rumah di Bintan

Asman Abnur Bersama Hari Purnomo saat Meresmikan Program PBL Gratis di Bintan, (Ismail)

Tanjungpinang, mejaredaksi – Kementerian ESDM bersama Komisi VII DPR RI melistriki 91 rumah tangga kurang mampu di Kabupaten Bintan. Bantuan ini merupakan program Pasang Baru Listrik (PBL) 2023 gratis.

Peresmian dan penyalaan pertama program bantuan PBL ini berlangsung di Kampung Panglong, Desa Berakit, Kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan, pada Minggu (19/11/2023).

Koordinator Perencanaan Distribusi Tenaga Listrik pada Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Hari Purnomo mengatakan setidaknya ada 2.300 rumah di Provinsi Kepri yang mendapatkan bantuan BPL ini.

Ia menerangkan, program bantuan BPL ialah salah satu upaya pemerintah, untuk meningkatkan rasio elektrifikasi dan membantu masyarakat memperoleh akses listrik.

“Dengan memiliki akses listrik sendiri, masyarakat penerima manfaat BPBL diharapkan tidak lagi tergantung penyediaan listrik dari tetangga,” ujar Hari Purnomo.

Hari menambahkan, program ini merupakan kegiatan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM dan mendapat dukungan penuh dari Komisi VII DPR RI.

Sementara itu, anggota Komisi VII DPR RI, Asman Abnur menyampaikan saat ini ada 2 persen rumah di Bintan yang belum berlistrik. Sehingga, hal ini merupakan tugasnya untuk menyelesaikan hal tersebut.

“Di Bintan masih kurang dua persen lebih, dan akan diselesaikan. Kalau masih kurang berarti itu utang saya,” kata Asman.

Ia mengharapkan agar program ini dapat terus dilanjutkan dan memberi manfaat bagi banyak orang.

“Semoga program ini berkah bagi masyarakat, dan insyallah bermanfaat bagi semua,” sebut Asman.

Sementara menurut Bupati Bintan, Roby Kurniawan 2 persen lebih daerah yang berlistrik itu terdapat di daerah pesisir Pulau Bintan dan Tambelan.

“Di kabupaten Bintan 97,32 persen daerah sudah berlistrik. Ini berkat pak gub (Gubernur Kepri), PLN dan ada dukungan dari pak Asman,” tambahnya.

Roby mengakui, ia bersama stakeholder terkait akan terus berupaya, agar dapat memfasilitasi dan mendukung aktifitas warga di Kabupaten Bintan.

“Saya harap pemasangan listrik bagi masyarakat ini dapat memberikan manfaat secara signifikan dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam berbagai aspek,” pungkasnya.

Sementara itu, Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (Persero) Hendri Firdaus berharap kolaborasi antara pemerintah, DPR dan PLN menjadi langkah awal sinergi untuk melakukan perluasan dan pengembangan kerjasama lainnya yang memungkinkan pemanfaatan potensi bisnis dalam ekosistem kelistrikan.

‚ÄúSemoga dengan pelaksanaan Program BPBL 2023 angka kemiskinan ekstrim dapat turun dan PLN dapat terus menghadirkan kemudahan fasilitas dan layanan bagi masyarakat,” ujar Hendri.

Awi (70 tahun) salah satu penerima manfaat program BPBL yang bekerja sebagai nelayan mengucapkan terima kasih dan bersyukur karena mendapatkan bantuan pasang baru listrik. Ia mengatakan selama ini menyeluruh listrik dari rumah anaknya.

“Kami sangat terbantu atas program ini, apalagi selama ini kami belum sanggup beli listrik sendiri,” tutupnya.

Penulis: Ismail
Editor: Syaiful

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close