HukrimKarimunPeristiwa

Tiga Pekerja Migran Diamankan, Kondisi Lemas di Dalam Speed Boat

Karimun
Personel Tim F1QR Unit Intel Lanal TBK berhasil mengamankan tiga Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal di sekitaran perairan Pulau Mantras, Kamis 22 Februari 2024, sekira pukul 00.45 WIB. (Foto: Putra)

Karimun, Mejaredaksi – Tim F1QR Unit Intel Lanal TBK berhasil mengamankan tiga Pekerja Migran Indonesia (PMI) ilegal di sekitaran perairan Pulau Mantras, Kamis 22 Februari 2024, sekira pukul 00.45 WIB.

Pasintel Lanal TBK Kapten Laut (E) Muhammad Amir Mahmud, menjelaskan, tiga pekerja migran Indonesia itu diamankan tak jauh dari sebuah speed boat yang akan menyelundupkan mereka.

Menurut Pasintel, sempat terjadi kejar-kejaran di tengah laut antara Tim F1QR dan speed boat yang membawa PMI.

“Speedboat tersebut berusaha untuk kabur dan mengelabuhi kita dengan mengarahkan ke bagian karang,” kata Amir, Jumat 23 Februari 2024.

Personel TNI AL kemudian melakukan penyisiran dan menemukan speedboat pengangkut PMI dalam kondisi kandas.

“Disana kita dapati ada tiga orang PMI di dekat speed boat,” sebut Amir.

Dari ketiga PMI, dua diantaranya perempuan dan satu laki-laki. Ketika diamankan, mereka dalam kondisi sangat lemas, bahkan ada yang tidak sadarkan diri.

Petugas kemudian mengevakuasi tiga orang PMI ke Mako Lanal TBK, di Pulau Karimun Besar, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Di Mako Lanal TBK, mereka langsung mendapatkan pengobatan dan perawatan dari Unit Kesehatan Lanal TBK.

“Yang wanita asalnya dari Jawa Barat dan Jawa Tengah. Kalau laki-laki mengaku asal Batam. Tapi kita belum bisa minta keterangan banyak, karena kondisi mereka masih belum stabil,” ujar Amir.

Oleh karena itu, Lanal TBK Masih menunggu kondisi mereka stabil untuk dimintai keterangan.

Dari hasil pemeriksaan sementara Lanal TBK, spedboat ditumpangi oleh enam orang. Dua diketahui sebagai tekong dan empat orang PMI.

Namun ketika kandas, tekong dan seorang PMI melarikan diri ke dalam hutan di pulau tersebut. (*)

Penulis : Putra
Editor : Andri

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close