Politik

Bawaslu Pastikan Pengawasan Pemungutan Suara Ulang 8 TPS di Tanjungpinang Lebih Ketat

Proses penghitungan suara di salah satu TPS Tanjungpinang. Foto: Ismail

Tanjungpinang, mejaredaksi – Sebanyak delapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Tanjungpinang, akan melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada Sabtu (24/2) pekan ini.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tanjungpinang memastikan, akan memperketat pengawasan jalannya PSU di delapan TPS itu.

Ketua Bawaslu Tanjungpinang, Muhammad Yusuf mengatakan, saat ini ada 12 orang Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) yang telah bertugas mengawasi Pemilu, setiap kecamatan akan diawasi 3 Panwascam.

Kemudian ada Panitia Pengawasan Pemilu (Panwaslu) tingkat kelurahan sebanyak 18 orang, yang akan tersebar di masing-masing kelurahan.

“Jadi kita harapkan pada jajaran kami terutama Panwascam untuk terus mengawasi, kita juga terus berkomunikasi jika ada potensi-potensi pelanggaran,” ujar Yusuf, Selasa (20/2).

Yusuf menerangkan, menciptakan Pemilu yang sehat merupakan tanggung jawab bersama masyarakat, sebagai daftar pemilih.

Sehingga, Yusuf berharap kepada masyarakat yang akan menjalani PSU, agar dapat datang ke TPS untuk memberikan hak pilihnya secara tertib tanpa ada money politik.

“Berikan hak pilih sesuai pilihannya masing-masing dengan tertib, laporkan segera jika ada indikasi terjadinya money politik,” imbuhnya.

Delapan TPS PSU, kata Yusuf diantarnya TPS 006, 015 di Kelurahan Tanjungpinang Kota, kemudian TPS 092, 059 di Kelurahan Batu IX, TPS 065, 037 di Kelurahan Pinang Kencana, TPS 028 di Kelurahan Tanjungpinang Barat serta TPS 009 di Kelurahan Bukit Cermin.

Dari 8 TPS tersebut, 3 TPS diantaranya akan melaksanakan pemilihan 5 surat suara, yakni Capres-Cawapres, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota.

Kemudian, TPS 059 Kelurahan Batu IX akan melakukan pemilihan 4 surat suara, yakni pemilihan DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kota. Lalu, 1 TPS lagi akan melakukan pemilihan 3 surat suara, yakni pemilihan Presiden, DPD, DPR RI.

“Di TPS 065 di kelurahan Pinang Kencana, serta 2 TPS dari kelurahan Tanjungpinang Barat hanya akan melakukan pemilihan presiden saja,” tutupnya.

Penulis: Ismail
Editor: Andri

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close