Tanjungpinang

Kasus DBD di Tanjungpinang Meningkat, Masyarakat Diminta Waspada

99 Kasus DBD hingga juli 2024

Gotong royong membersihkan lingkungan oleh jurnallis untuk antisipasi kasus DBD. Foto: Syaiful

Tanjungpinang, mejaredaksi – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau meminta masyarakat waspada terhadap Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD). Hal tersebut dilakuan untuk mengantisiapsi lonjakan kasus DBD di Tanjungpinang.

Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinkes Tanjungpinang, Sri Handono, mengungkapkan tercatat 99 kasus DBD terjadi sejak Januari hingga Juli 2024.

“Januari Hingga Juni 97 kasus, Lalu, ditambah 3 kasus di minggu pertama bulan Juli, jadi jumlah total sekitar 99 kasus DBD,” kata Handono pada Selasa (9/7/2024).

Menurutnya, angka DBD tahun 2024 ini diperkirakan akan mengalami peningkatan drastis dibandingkan tahun sebelumnya, di mana tercatat ada 114 kasus DBD.

Meski demikian, Handono optimis kasus DBD di Tanjungpinang pada Juli 2024 dapat dikendalikan dan dikontrol.

“Kami tetap memantau secara ketat agar tidak terjadi kenaikan kembali,” tambahnya.

Handono menjelaskan bahwa 99 kasus DBD tersebut mayoritas terjadi di wilayah Kecamatan Tanjungpinang Timur, khususnya di Kelurahan Batu 9 dan Pinang Kencana.

Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat untuk selalu menerapkan perilaku hidup sehat serta menjaga lingkungan agar tetap bersih.

“Menerapkan pola hidup 3M, yaitu Menguras, Menutup, dan Mengubur. Bak mandi harus rutin dikuras, jangan biarkan air tergenang. Selain itu, barang-barang bekas yang terbengkalai juga harus segera dibuang,” jelasnya.

Peningkatan kasus DBD ini menjadi peringatan bagi warga Tanjungpinang untuk lebih waspada dan proaktif dalam pencegahan penyakit.

“Masyarakat diharapkan dapat bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dan mematuhi anjuran dari Dinas Kesehatan agar angka kasus DBD dapat ditekan,” pungkasnya.

Penulis: Ismail

Editor: Syaiful

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close