Lingga

Pengurusan Kartu Kuning Meningkat di Disnaker Kabupaten Lingga

Pencari kerja mengurus kartu kuning di kantor Disnaker Kabupaten Lingga. Foto: Arifandy

Lingga, mejaredaksi – Pengurusan kartu kuning di Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Lingga mengalami peningkatan. Hingga Mei 2024, sebanyak 43 orang telah mengurus kartu kuning di Disnaker Kabupaten Lingga.

Kartu kuning ini merupakan syarat penting yang sering diminta oleh perusahaan dan instansi saat pelamar mengajukan lamaran pekerjaan.

Kepala Disnaker Kabupaten Lingga, Sabirin, melalui Kabid Tenaga Kerja, Keizzy Delfi, menyampaikan hal ini saat ditemui di Kantin Meja Hitam, Dabo Singkep, Kabupaten Lingga Selasa (14/5/2024).

“Jumlah pencari kerja yang mengurus kartu kuning di Disnakertrans Kabupaten Lingga berjumlah 43 orang. Rata-rata didominasi oleh kalangan laki-laki dan berasal dari wilayah Kecamatan Singkep,” kata Keizzy

Pada tahun 2023, tercatat sebanyak 121 orang mengurus kartu kuning di Disnaker Lingga, juga didominasi oleh laki-laki dan banyak berasal dari Kecamatan Singkep.

Dari segi usia, pencari kerja yang mengurus kartu kuning kebanyakan berusia 20 hingga 29 tahun dan mayoritas adalah lulusan SMA dan SMK. Tujuan utama pencari kerja ini adalah ke luar daerah seperti Batam dan Tanjungpinang.

Keizzy Delfi berharap agar pencari kerja yang sudah mendapatkan pekerjaan segera melaporkannya ke Disnaker Lingga.

“Kami sangat berharap pencari kerja yang sudah mendapat pekerjaan memberitahukan kepada kami sebagai data penting,” jelasnya.

Selain itu, Dia juga mengharapkan perusahaan yang akan membuka penerimaan tenaga kerja untuk selalu berkoordinasi dengan Disnakertrans Lingga.

“Kami berharap perusahaan-perusahaan yang akan berinvestasi di Kabupaten Lingga untuk berkoordinasi dengan kami terkait penerimaan tenaga kerja,” tutupnya.

Penulis: Arifandy

Editor: Panca

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close