KepriPemerintahan

Bapanas Gelar Rakor Apel Siaga HBKN Serentak dengan GPM Sebagai Persiapan Idul Fitri 2024

Kepri Diwakili Sekda Kepri dan Pj Walikota Tanjungpinang

Kepri Prov
Gerakan Pangan Murah di tanjungpinang. Foto: Biro Adpim Kepri

Jakarta, mejaredaksi – Dalam rangka persiapan menyambut Idul Fitri 2024, Pemerintah melalui Badan Pangan Nasional (Bapanas) mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Apel Siaga Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN).

Rakor disejalankan dengan Gerakan Pangan Murah (GPM) serentak secara nasional digelar di Hotel Borobudur, Jakarta, pada Senin (1/4/2024).

Rakor tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Adi Prihantara, mewakili Gubernur Kepri, bersama Pj. Walikota Tanjungpinang, Hasan, dan para pemangku kepentingan terkait bidang pangan di Kepri, yang turut hadir melalui Zoom Meeting.

Sebanyak 341 titik di 300 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia juga melaksanakan kegiatan GPM secara bersamaan. Di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri, kegiatan ini diselenggarakan di Halaman Mall Ramayana.

Dalam sambutannya, Kepala Badan Pangan Nasional Indonesia, Arief Prasetyo Adi, menyampaikan tujuan dari kegiatan ini untuk mengantisipasi kenaikan harga pangan menjelang hari raya serta memastikan ketersediaan pangan yang mencukupi bagi masyarakat Indonesia.

“Untuk itu, GPM ini hadir menjadi salah satu instrumen penting dalam memastikan ketersediaan dan aksesibilitas pangan bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia,” kata Arief.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, yang diwakili oleh Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agri Bisnis, Musdhalifah Machmud, menekankan pentingnya kerjasama lintas sektor dan lintas daerah dalam menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok menjelang Idul Fitri.

Menteri Pertanian, yang diwakili oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Indonesia, Deddy Nur Samsy, mengonfirmasi bahwa stok pangan di Indonesia untuk tiga bulan ke depan dipastikan aman, berkat koordinasi yang efektif antara pemerintah, produsen, distributor, dan pengecer.

Sekretaris Daerah Keri, Adi Prihantara, juga menjamin ketersediaan stok pangan di Kepri dalam tiga bulan ke depan, khususnya beras, daging ayam, dan komoditas pangan lainnya, serta memastikan harga pangan tetap terjangkau bagi masyarakat setempat.

Insyaallah, stok pangan akan didistribusikan sampai ke pulau-pulau dan pelosok Kepri, serta memastikan harga pangan tetap terjangkau bagi masyarakat Kepri,” tegasnya.

Rilis/ Editor: Panca

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close