Politik

KPU Lingga Libatkan Media untuk Publikasi Tahapan Pemilu

Sosialisasi Pilkada 2024

KPU Lingga Sosialisasi Pilkada 2024 bersama insan pers di Dabo Singkep, Kabupaten Lingga. Foto: Arifandy

Tanjungpinang, mejaredaksi – Tahapan Pilkada 2024 telah dimulai sejak beberapa bulan yang lalu. Dalam upaya mempublikasikan setiap tahapannya, KPU Kabupaten Lingga mengadakan sosialisasi “Tahapan Pilkada Kepulauan Riau dan Kabupaten Lingga Tahun 2024 kepada Insan Pers”

Acara ini diadakan di dua lokasi, yakni Dabo Singkep dan Daik, Minggu (7/7/2024).

Ketua KPU Kabupaten Lingga, Ardhi Auliya, menjelaskan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi mendetail kepada media massa di Kabupaten Lingga.

“Kami menggelar kegiatan sosialisasi tahapan Pilkada 2024 kepada rekan-rekan pers di Dabo Singkep dan Daik. Tujuannya agar informasi ini bisa tersampaikan secara luas kepada masyarakat,” ujar Ardhi.

Saat ini, KPU Lingga tengah menjalani tahap pemutakhiran data pemilih yang diharapkan dapat diselesaikan pada Agustus mendatang.

“Saat ini rekan-rekan Pantarlih sedang mencocokkan data pemilih di lapangan. Kami berharap dukungan masyarakat agar data DPT nantinya akurat,” jelas Ardhi.

Lebih lanjut Ardhi mengatakan, proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih telah mencapai 86 persen.

“Kita sudah mencapai 86 persen dan diharapkan selesai pada minggu ketiga bulan ini. Selanjutnya, kita akan menyusun Daftar Pemilih Sementara (DPS),” lanjutnya.

Terkait jumlah TPS, Ardhi mengungkapkan adanya pengurangan dari 357 TPS menjadi 232 TPS sesuai regulasi yang mengatur maksimal 600 pemilih per TPS.

“Jumlah TPS akan bertambah dengan adanya TPS khusus di lokasi seperti Lapas Dabo Singkep dan daerah lain yang membutuhkan pemekaran TPS, sehingga diperkirakan menjadi sekitar 235 TPS,” ujarnya

Sementara jumlah pemilih pada Pilkada 2024 di Kabupaten Lingga diperkirakan mencapai 76 ribu orang.

“Jumlah pemilih masih dalam proses coklit dan kemungkinan besar tidak jauh dari angka tersebut,” pungkas Ardhi.

Acara sosialisasi ini diakhiri dengan sesi diskusi dan tanya jawab mengenai tahapan Pilkada 2024, yang diharapkan dapat meningkatkan partisipasi dan pemahaman masyarakat dalam proses demokrasi ini.

Penulis; Arifandy

Editor: Panca

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close