HukrimTanjungpinang

Kejati Kepri Beri Penyuluhan Hukum ke Ibu Rumah Tangga di Tanjungpinang

https://mejaredaksi.co.id/wp-content/uploads/2022/04/WhatsApp-Image-2022-04-06-at-22.03.54.jpeg
Tim Kejati Kepri saat Memberikan Penyuluhan Hukum Kepada IRT yang Ada di Tanjungpinang, sumber foto: penkum kejati kepri

Tanjungpinang, mejaredaksi – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kepri memberikan penyuluhan hukum, kepada ibu rumah tangga (IRT) yang ada di Kota Tanjungpinang.

Asisten Intelijen Kejati Kepri, Tengku Firdaus mengatakan, penyuluhan dan pelayanan hukum ini merupakan program yang bertujuan, untuk meningkatkan kesadaran hukum masyarakat dan memberikan informasi hukum secara cepat dan tepat.

Selain itu, program penyuluhan ini sebagai sarana preventif dalam penegakan hukum yang dilakukan oleh Kejaksaan.

Penyuluhan hukum ini juga harus mampu mengarahkan dan menampung kebutuhan-kebutuhan hukum, sesuai dengan kesadaran hukum masyarakat yang selalu berkembang di segala bidang.

“Jadi ini menjadi hak dan kewajiban sebagai warga negara dalam rangka tegaknya supremasi hukum yang pada gilirannya akan terbentuk perilaku masyarakat yang taat hukum,” ujar Firdaus, Rabu (30/11).

Sementara itu, Kasi Penerangan Hukum Kejati Kepri, Denny Anteng Prakoso menyampaikan, KDRT adalah kekerasan yang dilakukan di dalam rumah tangga baik oleh suami maupun oleh istri.

Kata Denny, ada beberapa penyebab terjadinya KDRT antara laki-laki dan perempuan yang tidak dalam posisi yang setara.

Dalam Undang-undang Nomor 23 tahun 2004 Tentang KDRT. Setiap orang yang mendengar, melihat, atau mengetahui terjadinya KDRT wajib melakukan upaya-upaya pencegahan sesuai dengan batas kemampuannya.

“Wajib mencegah berlangsungnya tindak pidana, memberikan perlindungan kepada korban, memberikan pertolongan darurat,” pungkasnya.

Penulis: Ismail
Editor: Syaiful

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close